Singkong / Ubi Kayu Pangan Lokal

By Admin , 10:09:05 WIB Pangan Lokal
Singkong / Ubi Kayu Pangan Lokal

Manfaat dan Kandungan Gizi :

Singkong sangat baik dikonsumsi secara teratur sebagai sumber karbohidrat. Beberapa d manfaat dan kandungan gizinya sangat berm:nfaat unuk kesehatan, yaitu:

-      Singkong mengandung hampir dua kali lipat kalori daripada manfaat kentang, mungkin salah satu yang tertinggi untuk setiap umbi yang kaya pati. 100 gram singkong menyediakan 160 kalori. Kalori terutama berasal dari sukrosa, membentuk sebagian besar dalam umbi ini terhitung lebih dari 69% dari total gula. Gula kompleks amilosa lain adalah sumber karbohidrat utama (16-17%).

-      Singkong sangat rendah lemak dibandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan. Meskipun demikian, ia memiliki lebih banyak protein daripada sumber makanan tropis lainnya seperti pada manfaat ubi, kentang dan pisang.

-      Singkong bebas dari gluten. Makanan yang bebas pati, banyak digunakan dalam persiapan makanan khusus untuk pasien penyakit celiac.

-      Daun mudanya yang lembut merupakan sumber protein dan vitamin K. Vitamin K-memiliki peran potensial dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Hal ini juga telah membentuk peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

-      Singkong merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B-kompleks yang berharga. Seperti folat, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat.

-      Singkong adalah salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong juga memiliki jumlah kalium yang cukup (271 mg per 100g atau 6% dari RDA). Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

 

Produk Olahan :

-         Tepung cassava

-         Tepung mocaf

-         Aneka keripik dan kue kering

-         Aneka kue-kue basah

 

Potensi pengembangan :

-           Luas 550 Ha dengan provitas 20 Ton/Ha

Lokasi penanaman : Kecamatan Cikeusik, Cibaliung, Cigeulis, Saketi, Bojong




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment