Jagung Pangan Lokal

By Admin , 10:06:50 WIB Pangan Lokal
Jagung Pangan Lokal

Manfaat dan Kandungan Gizi :

Jagung biasanya digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan resep masakan, belum digunakan sebagai makanan pokok sehari-hari. Padahal budidaya jagung sudah banyak dilakukan sehingga jagung bisa dengan mudah didapatkan. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan,  yaitu:

-      Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan sering dijadikan makanan pokok. Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 gram, yang merupakan salah satu jenis sereal yang tinggi.

-      Kandungan serat dari satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Jagung kaya akan manfaat vitamin b, khususnya Thiamin dan Niacin.

-      Jagung mengandung mineral yang melimpah dan menguntungkan tubuh. Fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga juga banyak ditemukan di semua varietas jagung. Jagung juga mengandung mineral seperti selenium, yang sulit ditemukan dalam bahan makanan lain. 

-      Jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker.

-      Vitamin B12 dan asam folat hadir dalam jagung, untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Jagung juga memiliki tingkat zat besi yang signifikan dan merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru.

-      Konsumsi minyak kulit jagung akan menurunkan kolesterol LDL, dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Penurunan kolesterol LDL tidak berarti pengurangan kolesterol HDL, yang dianggap “kolesterol baik” dan memiliki berbagai efek yang menguntungkan pada tubuh, termasuk pengurangan penyakit jantung, pencegahan dan aterosklerosis.

-      Warna kuning pada jagung merupakan sumber yang kaya beta karoten, untuk membentuk vitamin A dalam tubuh dan sangat penting untuk memelihara mata dan kulit.

-      Konsumsi jagung dapat membantu pengelolaan insulin dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung.

Produk Olahan :

Jagung dapat diolah menjadi tepung jagung , dan selanjutnya dapat dijadikan mie, aneka kue basah dan kue kering

Potensi pengembangan :

-           Luas 20.000 Ha dengan provitas 3 Ton/Ha

Lokasi penanaman : Tersebar diseluruh kecamatan di Kabupaten Pandeglang




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment